Recent Blog Entries

  • Pastikan kunjungan Sobat Kelana ke Danau Toba untuk menginap di Desa Wisata Tuktuk Siadong, sebuah tempat indah di sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir. Di sini Sobat dapat menikmati suasana menawan panorama pinggir danau dimana telah banyak wisatawan tersihir daya pukaunya. Sumber : Pariwisata ...
  • Sobat Kelana yang berencana mendaki Kawah Ijen, sekalian masukan Kawah Wurung dalam rencana perjalanan Sobat. Kenapa tidak ? Ibaratnya kepalang tanggung, sudah sampai di Kawah Ijen, kenapa tidak sekalian mampir ke Kawah Wurung yang jaraknya hanya 9,8 km dari Paltuding. Sayang kalau sampai melewatkan...
  • Dari Penelokan, kemegahan alam berupa lanskap Gunung Batur beserta kalderanya yang disebut-sebut sebagai salah satu kaldera terindah di dunia tersaji di depan mata. Belum lagi ditambah keindahan Danau Batur yang memang memesona dengan beningnya air danau berbentuk serupa bulan sabit. Danau yang meru...
  • Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan sebuah taman nasional dengan 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000  hektar dan datarannya 70.000  hektar.  Di sini tersimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang langka dan terlindungi. Itu belum cukup karena tempat ini pula men...
Lihat semua

3 Jenis Kelelahan Traveling & Cara Mengatasinya

  • Sumber : lifeintravelingchucks

    Terlalu exited pada tempat seperti apa yang akan dikunjungi, membuat Sobat Kelana sering kurang memperhatikan dampaknya pada kondisi tubuh selama perjalanan traveling yang panjang. Berikut tiga jenis kelelahan yang sering luput dari perhatian dan bisa mengganggu perjalanan kita jika tidak diatasi dengan baik, khususnya travelers cewe. 

     

    1.  Jetlag

    Sumber : clairehereandthere

     

    Sobat Kelana pasti sering mendengar istilah jetlag yang sering dikatakan orang yang baru pulang dari perjalanan lintas negara diatas 14 jam. Jetlag ini merupakan keadaan yang dialami tubuh setelah melewati zona waktu yang berbeda. Sebagai contoh kita berangkat pagi hari, dimana tubuh baru saja bangun dari tidur malam, namun ketika sampai ditempat tujuan di negara yang berbeda ternyata waktu masih pagi, padahal tubuh kita seharusnya sudah melewati aktivitas bangun tidur 12 jam, dan merupakan waktu untuk tubuh tidur malam. Berdasarkan informasi, dibutuhkan waktu satu hari untuk penyesuaian tubuh dari setiap zona waktu yang dilewati. 

     

    2.  Kelelahan Karena Kurang Tidur

    Sumber : thu_at

     

    Kelelahan karena kurang tidur pada umumnya paling sering dialami. Biasanya karena Sobat sengaja untuk tidak tidur demi menikmati pemandangan diatas pesawat melintasi Samudra Pasifik atau ingin menikmati suasana perjalanan panjang di kereta negara asing pada malam hari. Tidak ingin melewatkan banyak momen penting dengan mengorbankan jam tidur malam, dapat berakibat munculnya rasa linglung dan kurang bisa berkonsentrasi, kikuk, dan seolah-olah tidak bisa tetap terjaga. Nah, khususnya bagi para solo travelers cewe, hal seperti ini harus diminimalisir karena mereka tentunya lebih rentan sebagai korban tindak kejahatan. disaat penilaian kita terganggu dan sulit bisa benar-benar menyadari sesuatu akibat kelelahan. Banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi ini karena melihat dan mengenali tanda kelelahan dari calon korbannya. 

     

    3.  Kelelahan Karena Stimulasi Berlebihan

    Sumber : hoooya

     

    Sobat kelana bisa mengalami stimulasi yang berlebihan ini saat kita menjejalkan pemandangan, suara, dan pengalaman yang terhitung jumlahnya tanpa ada istirahat untuk memproses semua informasi itu. Biasanya akibat dari stimulasi berebihan ini adalah merasa linglung dan bingung.

     

    Nah, untuk menanggulangi dan meminimalisir kelelahan diatas, Mamang Kelana telah menghimpun sejumlah informasi mengenai tiga hal penting yang harus dipersiapkan sebelum dan selama keberangkatan, serta tips-tips untuk mengatasi tiga jenis kelelahhan yang baru saja dijelaskan diatas, yuk simak Sobat Kelana : 

     

    a)  Tidur

    Sumber : mylifeooo

     

    Tidurlah dan istirahatlah sebisa mungkin ditempat transit, jika waktu transit melebihi 5-6 jam. Beberapa alat bantu untuk kenyamanan tidur seperti penutup mata atau penutup wajah, penutup telinga, head phone bisa menjadi pilihan. Jika perjalanan jauh menggunakan pesawat, terutama dengan menggunakan kelas bisnis atau first class memungkinkan kursi pesawat bisa diatur sedemikian hingga untuk kenyamanan tidur. Namun, jika perjalanan panjang menggunakan kereta, maka tetaplah berusaha sebisa mungkin untuk tidur tanpa lupa membuat barang bawaan kita tetap aman, misalnya dengan mengikatkan tas atau ransel di tubuh kita atau kursi terdekat, atau jika memungkinkan menjadikannya bantal atau meletakan kaki kita diatasnya selama tidur. Jika tidak memungkinkan untuk tidur maka beristrihatlah dengan meregangkan atau merilekskan tubuh. Namun jika tidak memungkinkan beristirahat ditempat transit atau di alat transportasi umum, maka luangkanlah waktu tidur sebisa mungkin di penginapan.      

     

    b)  Makanan dan Minuman

    Sumber :amberowenfit

     

    Kadang-kadang tubuh merasakan tidak lapar ataupun tidak haus yang diakibatkan terlalu excited ataupun stress perjalanan. Keadaan ini bisa mengakibatkan kelelahan dan gampang emosi. Kondisi tubuh tersebut mnyebabkan anda tergoda untuk membeli makanan tidak sehat seperti makanan siap saji di foodcourt bandara. Usahakan membeli makanan sehat dan meminum air mineral yang memang sangat dibutuhkan untuk mendukung asupan energi yang  dibutuhkan perjalanan panjang Sobat Kelana. Akan lebih baik lagi jika Sobat Kelana bisa membawa bekal cemilan sehat yang bisa tahan lebih dari satu hari dan air mineral dari rumah.

     

    c)  Aktivitas dan Tempat Yang Akan Dikunjungi

     

    Sumber : annr0s3

     

    Untuk yang satu ini, sobat kelana disarankan untuk benar-benar menentukan jumlah tempat yang akan dikunjungi, serta memperhitungkan jarak dan waktunya, sehingga dapat terencana dengan baik. Sobat Kelana mungkin tergoda untuk mengunjungi sebanyak mungkin, namun tanpa perhitungan waktu yang baik, akan membuat sobat kelana menjadi sangat kelelahan atau malah tidak bisa menikmati perjalanan wisata. Sobat Kelana dapat mencoba saran dari Mamang Kelana dengan memprioritaskan 3-4 terbaik yang akan dikunjungi terlebih dahulu.

     

    Berikut merupakan tiga tips untuk mengatasi tiga jenis kelelahan yang telah dijelaskan diatas :

     

    1)  Mengatasi Kelelahan Perjalanan

    Cara terbaik untuk mengatasi kelelahan karena kurang tidur atau perjalanan panjang adalah pergi tidur atau beristirahat merilekskan tubuh dan pastikan Sobat Kelana berada ditempat yang aman. Beberapa hal berikut ini dapat membantu Sobat Kelana menjadi lebih baik : menyikat dan membersihkan gigi, menyisir atau menata rambut, dan tetap menjaga kebersihan diri. Jika Sobat Kelana tidak memiliki akses untuk air bersih gunakan waslap tubuh Sobat Kelana dengan menggunakan lap basah atau tisu basah dan jangan lupa bawa sebotol air minum untuk menyikat gigi. Jika sobat Kelana dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, hal tersebut sangat membantu. Manfaat dari cokelat dan kopi juga disarankan karena dapat memperbaiki mood karena perjalanan panjang dan merupakan asupan energi yang baik untuk tubuh.  

     

    2)  Mengatasi Jetlag

     

    Sumber : rebecaass13

    a.   Sinar Matahari

    Begitu tiba didaerah tempat tujuan wisata, berjemurlah sebentar dibawah sinar matahari sebisa mungkin. Sinar mtahari dapat membantu tubuh anda menyesuaikan jam biologis tubuh dengan zona waktu yang baru atau berbeda. Biasanya, hal tersebut perlu Sobat Kelana lakukan beberapa hari.

    b.  Tidur di Malam Hari

    Sesampainya di tempat yang memiliki zona waktu yang berbeda, cobalah untuk segera tidur jika waktu menunjukkan malam hari, meskipun Sobat tahu bahwa didaerah asal Sobat pada waktu yang bersamaan menunjukkan waktu masih siang hari. Jika terbangun selama jam tidur, cobalah untuk merilekskan tubuh dan tetap berusaha untuk tidur sampai pagi hari. Jika benar-benar tidak dapat tidur, tetaplah rebahkan dan istirahatkan tubuh di tempat tidur.   

    c.   Tidak Tidur Siang

    Disarankan Sobat Kelana untuk tidak tidur pada siang hari. Lebih baik manfaatkan waktu untuk menikmati sinar matahari atau jalan-jalan rileks di luar penginapan. Jika memaksakan untuk tidur siang, hal tersebut akan membuat tubuh Sobat Kelana semakin jetlag.

     

    3)  Mengatasi Stimulasi yang Berlebihan

    Disela-sela waktu Sobat Kelana mengunjungi tempat-tempat wisata, tarik nafas dan duduklah sejenak di café atau ditaman untuk memproses semua yang telah dilihat. Sobat Kelana bisa mengurangi atau meminimalisir dampak dari stimulasi yang berlebihan dengan terapi seperti menuliskan apa yang baru dilihat melalui email, blog, kartu pos jadul. Namun, jika Sobat Kelana lebih suka berinteraksi dengan pengunjung lain atau warga maka dapat menyempatkan untuk berbincang-bincang dengan warga setempat mengenai apa yang baru dilihat dan dikunjungi.

     

    Diterjemahkan dari www.internationalwomenstravelercenter.com