Recent Blog Entries

  • Pastikan kunjungan Sobat Kelana ke Danau Toba untuk menginap di Desa Wisata Tuktuk Siadong, sebuah tempat indah di sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir. Di sini Sobat dapat menikmati suasana menawan panorama pinggir danau dimana telah banyak wisatawan tersihir daya pukaunya. Sumber : Pariwisata ...
  • Sobat Kelana yang berencana mendaki Kawah Ijen, sekalian masukan Kawah Wurung dalam rencana perjalanan Sobat. Kenapa tidak ? Ibaratnya kepalang tanggung, sudah sampai di Kawah Ijen, kenapa tidak sekalian mampir ke Kawah Wurung yang jaraknya hanya 9,8 km dari Paltuding. Sayang kalau sampai melewatkan...
  • Dari Penelokan, kemegahan alam berupa lanskap Gunung Batur beserta kalderanya yang disebut-sebut sebagai salah satu kaldera terindah di dunia tersaji di depan mata. Belum lagi ditambah keindahan Danau Batur yang memang memesona dengan beningnya air danau berbentuk serupa bulan sabit. Danau yang meru...
  • Taman Nasional Kepulauan Togean merupakan sebuah taman nasional dengan 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000  hektar dan datarannya 70.000  hektar.  Di sini tersimpan kekayaan terumbu karang dan biota laut yang langka dan terlindungi. Itu belum cukup karena tempat ini pula men...
Lihat semua

25 Lagu Yang Wajib Masuk Playlist Perjalananmu

  • Traveling adalah kegiatan yang menyenangkan, kita bisa bertemu teman baru, pemandangan yang indah, dan pengalaman yang terlupakan. Namun seringkali, perjalanan ketika kita menuju destinasi yang ingin didatangi terasa membosankan dan melalahkan. Entah saat berjam-jam menunggu boarding pesawat, menemani malam dingin di camp pendakian, atau sepanjang perjalanan di kereta ekonomi.

     

    Apalagi buat sobat yang menyukai perjalanan road trip atau overland, pasti butuh yang namanya playlist untuk menemani dan karaoke ala-ala di dalam mobil sambil menikmati pemandangan di kanan-kiri.

     

    Ilustrasi: Jason Hoffman/Thrillist

     

     

    Salah satu cara untuk mengusir rasa bosan dan membuat seru perjalanan yang biasa kita lakukan adalah mendengarkan musik. Apalagi sekarang ada banyak aplikasi yang memudahkan kita untuk memutar lagu yang kita sukai untuk menemani pekerjaan. Buat sobat yang suka pakai Spotify atau Joox, bisa banget buat pantengin 25 lagu yang wajib masuk playlist dibawah ini buat jadi referensi teman perjalanan yang bikin penuh semangat. 

     

    25. Pompeii - Bastille

    Single keempat dari album debut Bastille ini terinspirasi dari legenda kota romawi yang menemui takdirnya akibat ledakan gunung Vesuvius di Tahun 79 Masehi.

    Cocok Didengar Saat: Lagu yang cocok untuk memulai perjalanan, di saat kamu merasa butuh move on dari segala kepenatan dan kemacetan ibu kota atau rutinitas tugas yang tak pernah berakhir. Dengan beat drum yang seakan-akan sedikit demi sedikit mengumpulkan kepingan semangat kamu untuk keluar dari zona nyaman jebakan untuk berpetualangan ke tempat yang belum pernah kami datangi.

     

    24. Piknik 72 - Naif

    Naif ga ada matinya, dengan gaya vokal yang khas dari David Bayu, bikin suasana makin hepi.

    Cocok Didengar Saat: Pergi Di Hari Minggu ~ Bersama Pacar Baru ~ Naik Vespa Keliling Kota ~ Sampai Binariaa~ Hatiku Jadi Gembira ~

    Liriknya aja udah asik banget, bahagia rasanya jalan-jalan sambil ditemani si jantung hati. Mau vespa mogok dijalan, mau ujan tapi kalo jalan sama orang yang kita sayangi sihh ga ada apa-apanyaa. Ya gak?

     

    23. The Adventure - Angel and Airwaves

    Single dari debut album yang meraih kesuksesan, apalagi saat dijadikan sebagai trailer dari film Smalville.

    Cocok Didenger Saat: Hey yo, here I am,and here we go, life's waiting to begin

    Nah kalo lagu ini cocok buat kamu sambil nunggu boarding pesawat, sambil merasakan rasa exciting yang membuncah untuk segera tiba di destinasi tujuan.

     

    22. Ikan Laut - Gigi feat musisi jalanan

    Grup yang hingga kini digawangi oleh Armand Maulana, Dewa Budjana, Thomas Ramdhan, dan Gusti Hendy ini juara banget, entah kenapa banyak yang belum tau lagu ini, padahal beuhhh...ini lagu tuh petualangan dan Indonesia banget pokonya. Nyeritain angin laut yang merayu, ikan laut yang menari di bawah lengan.

    Cocok Didengar Saat: Cocok banget dehh buat dijadiin playlist apalagi buat yang lagi mau ke pantai, snorkeling atau diving.

     

    21. Upside Down - Jack Johnson

    Salah satu soundtrack film Curious George ini pernah mencapai tangga lagu nomer 38 dari billboard hot 100.

    Cocok Didengar Saat: Petikan gitar om yang satu ini emang udah paling cocok buat suasana yang santai dan asik, lagu yang asik buat di bawa sambil menyusuri hutan atau santai sore di tepi pantai.

     

    20. Yogyakarta - Kla Project

    Grup yang sudah eksis sejah 1989 ini berhasil membuat sebuah lagu yang bisa disebut monumental. Bagaimana tidak, sejak dirilis hingga kini tak ada yang bisa melepaskan Yogyakarta dengan Lagu Yogyakarya ini, yang bercerita tentang segala sudut Yogyakarta dan isinya.

    Cocok Didengar Saat: Menjelajahi dan meresapi budaya Indonesia yang kaya banget dan ga ada habisnya.

     

    19. Sweet Disposition - The Temper Trap

     

    Salah satu lagu soundtrack 500 Days of Summer ini epic banget, dan juga salah satu personilnya adalah orang Indonesia lho.

    Cocok Didengar Saat: Enak banget didengerin selama perjalanan di bus atau kereta. Melodi yang dibikin sepanjang lagu bikin suasanya perjalanan makin syahdu.

     

    18. Mentari - Iwan Abdulrahman

    Lagu penuh makna perjuangan ini adalah lagu yang sering dinyanyikan para aktivis. Liriknya yang penuh perlawanan, tekad, dan kekuatan untuk terus maju menghadapi tantangan.

    Cocok Didengar Saat: Ketika lagi summit menuju puncak Semeru dari Kalimati ditengah jalan berpasir yang membuat kamu maju selangkah mundur dua langkah. Sementara fajar mulai menyingsing, maka kamu harus pastikan "hari ini hari milikmu".

     

    17. Hoppippola - Sigur Ros

    Band asal Iceland ini memang pas banget buat bikin lagu yang ajaib. Walaupun lagunya pakai bahasa sana dan kita ga ngerti liriknya.

    Cocok Didengar Saat: Entah kenapa dapet banget ambiance lagu ini buat santai di tengah padang rumput bersama teman-teman, persis seperti di video klip ini.

     

    16. Diatas Awan - Nidji

    Soundtrack film 5 cm ini emang didekasikan buat nyeritain serunya persahabatan dalam perjalanan.

    Cocok Didengar Saat: Lagu yang bisa sobat jadikan sebagai penyemangat ketika sedang mendaki gunung untuk menyemangati langkah - langkah menuju keatas awan.

     

    15. Is This Love - Bob Marley

    Lagu yang dinyanyikan bersama dengan The Wailers ini salah satu masterpiece dari om Bob.

    Cocok Didengar Saat: Coba bayangin sobat lagi di Gili Trawangan, pasti asik banget kalo musik reggae apapun itu lagunya. Dan pasti lagu legend dari om Bob Marley ini ga boleh dilewatkan.

     

    14. Asmara Nusantara - Budi Doremi

    Lagu ini versi luasnya Piknik 72, ga cuma cerita tentang binaria. Walaupun hanya dengan alunan gitar, tapi lagu ini udah cukup bisa bikin suasanya syahdu romantis dengan gaya yang berbeda. Di lagu ini sobat bisa temui lirik Wakatobi, Raja Ampat, Khatulistiwa dan sebagainya. Good Job Mas Budi!

    Cocok Didenger Saat: Menjelajah ke segala penjuru keindahan Nusantara

     

    13. Don't Stop Me Now - Queen

    Queen layak mendapatkan salah satu gelar keajaiban musik dunia. Lagu-lagunya yang menghentak dunia juga bisa jadi salah satu yang wajib masuk ke playlist sobat.

    Cocok Didengar Saat: Buat yang lagi ngelakuin solo traveling atau pendakian gunung wajib banget nih jadi temen selama perjalanan. Rasanya tuh bikin ga pengen berhenti berjalan lebih jauh.

     

    12. Sepasang Pendaki - Fiersa Besari

    Fiersa Besari tau betul cara memadukan lirik dan memainkan gitarnya.

    kita melangkah susuri hutan berdua ~ melarikan diri dari penat nya kota~sang senja mengintip dari balik dedaunan~

    tersipu malu sebab kau lebih elok dari nya~ tak terasa temara menggerayangi letih~

    desiran angin menggoda kita agar berhenti~ api menari di antara binar matamu~seolah memberanikan ku untuk menyatakan~

    Cocok Didengar Saat: Sungguh sebuah kenikmatan khususnya buat kamu para pendaki.

    KELAR DEH TUH! SAVE SAVE SAVE! Segera Kirim ke Kecengan ketemu di Gunung!

     

    11. The Long and Winding Road - The Beatles

    'The wild and windy night
    that the rain washed away
    has left a pool of tears
    crying for the day'

    Cocok Didenger Saat: Buat yang lagi melakukan perjalanan panjang, misalnya lagi melakukan solo traveling perjalanan keliling Indonesia sekaligus atau lagi mendaki Rinjani. Rasanya bikin kita tenang, coba deh dengerin liriknya bisa banget disambungin sama perjalanan, bahwa perjalanan kita adalah untuk semakin mendekatkan pada diri-Nya.


     

    10. Lembayung Bali - Saras Dewi

    Lagu lawas satu ini yang dirilis lebih dari 15 tahun lalu seakan tak lekang oleh waktu. Saras Dewi yang juga seorang pengajar, penulis, dan aktivis membuat lagu ini ketika meninggalkan Bali ke Jakarta. Meninggalkan desa, orang-orang yang disayang. Bagi para pendengarnya, Lembayung Bali seakan sebuah mesin waktu, memutar kembali menguak memori kenangan indah masa muda.

    Cocok Didengar Saat: Saat menikmati sunset syahdu bersama sahabat, atau juga saat sembari membuka album kenangan perjalanan di masa muda.

     

    9. Take Me Home, Country Road - John Denver

    Dirilis tahun 1971, lagu ini segera menjadi favorit di seluruh dunia. Musik country yang identik dengan musik rakyat, membuai para pendengarnya untuk terus menyanyikannya. Lagu ini juga menjadi icon dan offiicial anthem dari West Virginia, yang dideskripsikan sebagai "Almost Heaven" oleh John Denver tersebut.

    Cocok Didengar Saat: Saat melakukan Overland di Flores, coba deh sobat puter lagu ini. Beuh sambil menikmati jalan yang mulus berkelok, dengan pemandangan samping kanan dan kiri bukit dan pantai. Apalagi sambil buka kaca mobil, sambil dibuai oleh angin sepoi sepanjang jalan dan bernyanyi bersama kawan.

     

    8. Berjalan Lebih Jauh - Banda Neira

    Meskipun band ini memutuskan untuk vakum, tapi lagu-lagu banda neira masih banyak dimainkan pendengarnya. Musik yang sederhana dengan lirik-lirik yang khas dan ringan jadi ciri khas band yang namanya di salah satu lokasi terindah buat diving di Indonesia.

    Cocok Didengar Saat: Saat Berjalan Lebih Jauh, atau Saat Menyelam Lebih Dalam.

     

    7. We Are Young - Fun

     Meskipun berstatus band indie, lagu ini menuai banyak pujian karena dapat menjadi penerobos dari industri musik. Lagu ini memenangkan Grammy Award for Song Of The Year pada gelaran Grammy Award yang ke-55.
     
    Cocok Didengar Saat: Buat yang suka backpackeran keluar negeri, sambil menikmati kehidupan malam di negara Eropa. Sobat mungkin butuh perlu diingatkan bahwa tak masalah untuk mencoba untuk menjadi muda kembali, merasakan keriaan di negeri orang. Ikut terlibat dalam hiburan jalan menari bersama penduduk lokal yang tak kita kenal.

    6. Pulang - Float

     

    Tak ada yang bisa mengalahkan hubungan antara musik folk dan alam. Dan float adalah salah satu yang terbaik, bahkan mereka punya project yang dinamai Float to Nature, sebagai dedikasi terhadap musik dan alam.

    Cocok Didengar Saat: Saat santai menyeruput coklat atau kopi panas, sambil memandang Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, memaknai indahnya alam dan suasana yang penuh ketenangan.

     

    5. Runaway - The Corrs

    Debut single dari band keluarga dari Irlandia yang rilis di 1995 ini jadi awal bagi kesuksesan The Corrs.

    Cocok Didenger Saat: Buat yang lagi solo backpacking sambil menikmati perjalanan di atas kereta, sambil menatap jendela melewati areal persawahan di sepanjang jalan. Udah deh...cukup bikin kita sadar akan nikmatnya perjalanan.

     

    4. Lukisan Pagi - Tohpati feat Shakila

    Tohpati sebagai salah satu gitaris handal di Indonesia, menunjukan sisi romantis dan kehebatan komposisinya. Ditunjang dengan suara indah Shakila, maka menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan di Indonesia.

    Cocok Didengar Saat: Di pagi hari saat kamu menikmati salah satu sunrise terbaik di dunia, yaitu Gunung Bromo. Kamu mungkin perlu sebuah lagu yang cocok untuk menggambarkan keindahan lukisan pagi.

     

    3. Young, Wild & Free - Snoop Dogg & Wiz Khalifa

    Lagu yang super asik ini mau didengerin sambil ngapain aja juga bisa.

    Cocok Didengar Saat: Bayangin kamu lagi liburan di Bali bareng sahabat kamu, sambil Chill di bar pinggir pantai bareng bule-bule yang berbikini ria sambil joged-joged asix. Pokonya living young, wild and Free deh!

     

    2. Mahameru - Dewa 19

    Siapa yang ga tau Dewa? Anak-anak surabaya ini bukan cuma puitis bikin lagu tentang cinta, tapi juga tentang perjalanan dan persahabatan.

    Cocok Didengar Saat: Buat sobat yang belum pernah ke mahameru terus dengerin lagu ini, pasti langsung terhipnotis buat segera nyoba kesana. Lagu ini bener-bener nyeritain semua tentang Mahameru, tentang perjuangannya, tentang persahabatannya, tentang keindahannya, hingga tentang melegendanya gunung semeru. Soundtrack wajib buat para pendaki pokonya deh.

     

    1. Paradise - Coldplay

    Siapa yang tak kenal coldplay, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Chris Martin memang seakan menunjukan kalau mereka adalah salah satu band jenius di era sekarang ini. Lagu yang sering banget jadi soundtrack di berbagai acara yang menyajikan traveling di berbagai belahan dunia ini memang ga boleh dilewatkan.

    Cocok Didengar Saat: Saat menuju Air Terjun Coban Sewu di Malang, coba deh sobat putar lagu ini. Memasuki area air terjun dari jalan desa, melewati perkampungan warga dan kebunnya. Menyingkap ilalang dan melewati tangga berbatu. Lalu munculah air terjun yang luar biasa indahnya di depan mata, speechless rasanya, seperti berada di surga. Air terjun yang berbentuk tirai seakan menyambut kedatanganmu dengan gembira.


     

    Nah, kalo menurut sobat sendiri, kira-kira lagu apa yang suka sobat dengerin ketika sedang dalam perjalanan?